Sekilas UPT-TIK

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi selanjutnya disingkat UPT-TIK Universitas Samudra merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Universitas Samudra yang memberikan pelayanan dalam hal teknologi informasi bagi civitas akademika Universitas Samudra.

UPT-TIK Universitas Samudra pertama kali dibentuk pada tahun 2008 yang dipimpin oleh Asnawi, S.Pd, M.Pd  yang juga merupakan seorang tenaga pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra sampai dengan tahun 2017. Pada tahun 2018 pimpinan UPT-TIK beralih kepada Munawir, SST., M.T. yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Samudra.

Pada awal terbentuknya, UPT-TIK Universitas Samudra beranggotakan karyawan sebanyak 4 orang. Seiring dengan perkembangan, UPT-TIK memiliki total 7 personil yang meliputi tenaga ahli administrasi, teknisi, programmer, web administrator.

Beberapa jenis sistem informasi dan pembangunan Infrastruktur Jaringan  telah dibuat untuk mengoptimalkan proses pendidikan yang berlangsung di Universitas Samudra diantaranya adalah: Sistem Informasi Perwalian, Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal, Sistem Informasi Exit Survey, Sistem Informasi Electronic Thesis and Dissertation, Sistem Otentikasi SSO, CMS Profile Kampus, E-learning, dan masih banyak sistem informasi lainnya. Secara bertahap sejak awal tahun 2013 seluruh sistem informasi tersebut yang berdiri sendiri-sendiri mulai diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Terpadu (SISTER) Universitas Samudra.